27
Mar
09

Apakah PTK?


t1

PTK merupakan kajian reflektif untuk:
    Meningkatkan kemantapan rasional tindakan pembelajaran
    Memperdalam pemahaman tindakan pembelajaran
    Memperbaiki kondisi praktik pembelajaran (bertolak dari permasalahan pembelajaran)
    Penelitian tindakan kelas (PTK) adalah sebuah penelitian yang dilakukan oleh guru di kelasnya sendiri
    (dilakukan dalam pembelajaran biasa bukan kelas khusus)
    dengan jalan merancang, melaksanakan, dan merefleksikan tindakan secara kolaboratif dan partisipatif dengan tujuan untuk memperbaiki kinerjanya sebagai guru sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.
    (Guru berperan sebagai pengajar
    & pengumpul data)
MENGAPA PERLU PTK?
    Penelitian akademik yang biasa dilakukan oleh expert tidak secara langsung dapat dimanfaatkan oleh guru
    Penelitian tindakan kelas berhubungan langsung dengan upaya penyelesaian masalah pembelajaran
    Guru berperan aktif dalam penelitian dinamika kelas
MENGAPA GURU PENTING MELAKUKAN PTK?
    Guru mempunyai otonomi untuk menilai kinerjanya
    Temuan penelitian tradisional sering sukar diterapkan untuk memperbaiki pembelajaran
    Guru merupakan orang yang paling akrab dengan kelasnya
    Interaksi guru-siswa berlangsung secara unik
    Keterlibatan guru dalam berbagai kegiatan inovatif yang bersifat pengembangan mempersyaratkan guru untuk mampu melakukan PTK di kelasnya.
KARAKTERISTIK PTK
    Masalah : berawal dari guru (ditentukan oleh guru)
    Tujuannya : memperbaiki/meningkatkan kualitas pembelajaran
    Metode utama: refleksi diri dengan tetap mengikuti kaidah-kaidah penelitian
    Fokus penelitian : kegiatan pembelajaran
    Guru bertindak sebagai : pengajar dan peneliti.
TUJUAN PTK
    Peningkatan mutu pembelajaran secara berkesinambungan
    Mencobakan secara sistematis berbagai tindakan alternatif dalam memecahkan masalah pembelajaran
    Menjamin proses pertumbuhan profesionalitas guru
MANFAAT PTK
    Meningkatkan kemandirian guru dalam melakukan inovasi pembelajaran
    Memantapkan keyakinan epistemologis guru
    Memantapkan “teori kecil” yang dibangun sendiri oleh guru
    Wahana yang potensial untuk pengembangan kurikulum tingkat satuan pendidikan


0 Responses to “Apakah PTK?”



  1. Leave a Comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


KALENDER

March 2009
M T W T F S S
« Feb   Apr »
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031  

Categories

Pengunjung Budiman

  • 984,184 hits

BULE BELAJAR BHS. INDONESIA


%d bloggers like this: