15
Oct
12

Bahasa Indonesia Cita-Cita dan Tujuan Hidup


Bahasa Indonesia Mengantarkan Cita-Cita dan Tujuan Hidup Manusia.

Mengapa?

Indonesia dengan luas 1.922.570 km², 17.504 pulau, 1025 tapak budaya, dan 500-an suku bangsa dampat mengakibatkan rawan perselisihan. Kita diciptakan dengan berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya saling mengenal. (adaptasi terjemahan, QS Alhujarat: 13). Kata “Saling mengenal” tersebut tentu tidak dapat terpisahkan dari arti pentingnya bahasa pemersatu, yakni bahasa Indonesia. Tanpa bahasa Indonesia kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara tidak mungkin terciptakan. Untuk itu kita harus bangga dan bersyukur atas karunia  bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu.Ini sejalan dengan ikrar Sumpah Pemuda yang salah satu butirnya  berbunyi “Menjunjung bahasa persatuan, bahasa Indonesia”.

Sebagai bahasa pemersatu , berarti bahasa Indonesia bukan hanya sebagai bahasa nasional dan bahasa resmi negara, tetapi juga harus diletakkan sebagai bahasa pendidikan dan bahasa budaya. Bahkan telah berkembang menjadi bahasa ibu bagi sebagian besar masyarakat perkotaan. Hal ini membuktikan, bahwa bahasa Indonesia merupakan alat komunikasi yang paling efektif dan santun. Sehingga dengan berbahasa Indonesia akan tercermin kepribadian kita sebagai sosok yang berwibawa, intelektual, dan santun.

Salah satu fungsi bahasa Indonesia adalah sebagai alat untuk menyatakan ekspresi diri, bahasa menyatakan secara terbuka segala sesuatu yang tersirat di dalam dada kita sekurang-kurangnya untuk memaklumkan keberadaan kita (Gorys Keraf, 1980:3). Hal yang mendorong ekspresi diri adalah keinginan untuk diakui keberadaannya mulai dari lingkungan keluarga, sosial kemasyarakatan, berbangsa, dan bernegara. Setiap orang mutlak selalu berusaha untuk  mengungkapkan emosi melalui ekspresi diri. Emosi yang terpendam akan menimbulkan gejolak-gejolak yang dapat membahayakan diri sendiri maupun orang lain. Begitu pentingnya ekspresi diri sebagai ungkapan emosi? Ya, akhirnya kita baru menyadari bahwa, dengan bahasa Indonesia dapat menciptakan kerukunan hidup bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara.

Sebagai warga negara Indonesia yang bermartabat harus bersikap bangga dan bersyukur atas karunia  bahasa Indonesia sebagai bahasa pemersatu. Sikap bangga dan bersyukur tersebut harus kita realisasikan dalam kehidupan kita sehari-hari antara lain:

1) meninggalkan kebiasaan menggunakan istilah-istilah asing yang tidak perlu, 2) membangun sikap bangga terhadap bahasa Indonesia yang pada kenyataannya lebih efektif  dan santun sebagai alat komunikasi baik lisan maupun tulis, 3) membiasakan berkomunikasi dengan bahasa Indonesia dengan baik dan benar, 4) jangan biarkan anak-anak kita terbiasa dengan bahasa Indonesia gaul.

=============

Terima kasih Indonesia


6 Responses to “Bahasa Indonesia Cita-Cita dan Tujuan Hidup”


  1. 1 mashudismada
    October 15, 2012 at 2:53 am

    Silakan Komentar Anda di sini

  2. 4 faridha
    October 16, 2012 at 12:46 pm

    Bersyukurlah Tuhan memberkahi kita dengan bahasa yang santun

  3. 5 suyono
    October 17, 2012 at 3:58 pm

    luar biasa, inspiratif

  4. 6 Nana
    October 18, 2012 at 12:04 pm

    ikut lomba ya pak… aku doakan, suksus dan semakin Indonesia


Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s


KALENDER

October 2012
M T W T F S S
« Jan   Jul »
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
293031  

Categories

Pengunjung Budiman

  • 984,184 hits

BULE BELAJAR BHS. INDONESIA


%d bloggers like this: